Minggu, 21 Oktober 2012

Kandang Ayam Kampung Super

Kandang berfungsi sebagai tempat berlindung, berkembang biak, mempermudah penanganan, mempermudah pengawasan, mempermudah pemberian pakan dan mempermudah vaksinasi. Seperti halnya kandang untuk ayam kampung dan ayam negeri, kandang untuk ayam kampung super juga membutukan persyaratan tertentu. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam membuat kandang ayam kampung super:
  • Kandang cukup menerima sinar matahari, terutama saat pagi hingga menjelang siang hari. Sebab, sinar matahari sangat berpengaruh terhadappertumbuhan dan kesehatan, terutama untuk mengurangi kelembapan yang terlampau tinggi didalam kandang.
  • Kandang harus memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang memadai agar tidak pengap.
  • Lantai kandang sebaiknya dibuat lebih tinggi dari tanah disekitarnya supaya sistem drainase dapat berfungsi dengan baik, sehingga kandang tidak bau dan becek.
  • Hindari membuat kandang yang berdekatan dengan keramaian atau pemukiman karena suasana yang ramai dapat menyebabkan stress pada ayam sehingga pertumbuhannya terganggu. Sementara itu, letak peternakan yang berdekatan dengan pemukiman akan menganggu masyarakat sekitarnya karena bau kotoran dan suara gaduh yang dikeluarkan ayam.
Bahan kandang sebaiknya tidak perlu terlampau mahal dan mewah, yangpenting bahan kandang harus kuat dan nyaman untuk penghuninya. Banyak bahan sederhana dan kuat yang mudah dijumpai, seperti bambu, kayu, jerami, rumbia, ilalang dan daun kelapa. Pemilihan bahan kandang yang sederhana dan murah akan mengurangi biaya produksi pembuatan kandang sehingga anggaran bisa di alokasikan untuk pembelian bibit, pakan, dan hal lain yang dirasakan lebih diperlulkan.